Selasa, 21 April 2015

Pengertian LTS pada Linux Ubuntu?

Penulis Artikel : Ahmad Lukman Hakim
Karena penasaran kepingin tau apa itu pengertian LTS dalam dunia OS Linux. Saya browsing-browsing kemudian saya menemukan jawabanya lewat forum-forum Linux.

Pengertian LTS!

LTS (Long Term Support) adalah versi dari pengeluaran OS Linux yang dapat digunakan dalam waktu yang panjang. Release setiap 2 tahun sekali. Versi LTS ini dapat disupport (didukung oleh developer linux) dalam jangka waktu selama 3 (Ubuntu Desktop) dan 5 tahun (Ubuntu Server). Biasanya versi ini (LTS) sering digunakan untuk OS di perusahaan-perusahaan, karena mungkin dari user Ubuntu tsb orangnya malas untuk update maupun upgrade linux-nya. Salah satu ciri-cirinya adalah kode ".4"/".04" = 8.04, 9.04, 10.4, 12.04, 14.04 LTS

Perbandingan dengan NR (Normal Release)

Mengapa tidak menggunakan NR? Karena jika menggunakan linux yang NR (Normal Release) yang release-nya setian 6 bulan sekali, hanya disupport selama satu setengah tahun (18 bulan), jadi setelah satu setengah tahun, user tidak mendapatkan update-nya lagi dari developer lunux. Bisa jadi user harus mengganti OS-nya dengan release linux berikutnya. Salah satu ciri-cirinya menggunakan kode selain seperti versi LTS.

Load disqus comments

0 komentar

Comments
0 Comments