Kamis, 28 April 2016

Instal VMware Workstation 12 di Ubuntu 14.04 LTS

vmware-workstation 12 pro
Sudah perkenalan dengan Virtualisasi VMware apa belum? Ini mungkin menambah pengetahuan anda... Perkenalan Platform Virtualiasi VMware.

Oke, disini admin ingin share mengenai instalasi VMware Workstation di GNU/Linux Ubuntu 14.04 LTS. Tujuanya membantu teman-teman yang pakai Operating System Linux dan ingin menggunakan VMware Workstation di Linux-nya. 
"Sulit apa tidak instalasi-nya mas?"
"Mudah kok, tinggal ikuti artikel ini insyaallah VMware Workstation anda sukses terinstal."
Selama ini saya menggunakan VMware Workstation di Linux cukup stabil, untuk penggunaan Virtualisasi biasa-nya tidak ada masalah. Saya sering menggunakanya untuk simulator instalasi OS, share knowledge kepada teman-teman, percobaan-percobaan pribadi, dll. Saya memilih platform VMware bukan karena VMware itu yang terpopular didunia Virtualisasi, tetapi karena telah dinyamanin aja sama platform ini. Bagi teman-teman yang ingin meng-explore ilmu VMware, saya merekomendasikan untuk belajar di salah satu Blog VMware Expert Indonesia, yes... "His name is Nathan Gusti Ryan (Owner XP Solution Surabaya)" ini blognya thinkxfree.wordpress.com, tidak hanya artikel tentang VMware, artikel yang lain juga bagus-bagus, anda bakal dihipnotis oleh treatment-treatment "kata-kata" diblog tersebut.

Maaf terlalu panjang muqodimahnya... Hehe
Kembali lagi ke topik yang akan saya share, yaitu instalasi VMware Workstation 12 di Ubuntu 14.04 LTS :

1. Silahkan download dulu aplikasi VMware Workstation 12 terbaru disini.
2. Setelah terdownload silahkan di tambah hak aksesnya.
$ sudo chmod +x VMware-Workstation-Full-12.1.0-3272444.x86_64.bundle
3. Setelah itu eksekusi file-nya untuk melanjutkan ke Instalasi.
$ sudo ./VMware-Workstation-Full-12.1.0-3272444.x86_64.bundle
4. Disini saya mendapatkan error, tetapi tidak terlalu masalah yang penting bisa troubleshooting permasalahanya.
(vmware-installer.py:19962): Gtk-WARNING **: Unable to locate theme engine in module_path: "murrine",
Gtk-Message: Failed to load module "canberra-gtk-module": libcanberra-gtk-module.so: cannot open shared object file: No such file or directory
Jangan dilanjutkan instalasinya, Ctrl+C untuk membatalkan. Baca: Diatas terdapat dua error, (1) "unable to locate theme engine in module_path: "murrine" dan (2) "Failed to load module "canberra-gtk-module". Pada kasus ini yang bisa saya troubleshooting cuma nomor dua, kalo masalah nomor satu itu cuma masalah tidak bisa load theme di modul_path "murrine" tetapi tidak ada masalah sekedar themes. Sebelumnya juga sudah saya cari-cari masalahnya dan sudah saya coba-coba solusi-solusinya tetapi tidak berhasil. Dan masalah tersebut tidak ada kaitanya dengan kinerja, proses-proses saat menjalankan VMware Workstation, jadi tenang aja bro...

Untuk cara troubleshootingya silahkan eksekusi command ini:
sudo ln -s /usr/lib/x86_64-linux-gnu/gtk-2.0/modules/libcanberra-gtk-module.so /usr/lib/libcanberra-gtk-module.so
5. Setelah dieksekusi silahkan lanjutkan instalasi sampai selesai.
6. Semoga bermanfaat... Maaf disini saya tidak jelaskan langkah-langkah instalasinya. Dan itu sebenarnya mudah banget kok... Untuk Serial Number VMware Workstation, dsb silahkan PM aja...
Load disqus comments

0 komentar

Comments
0 Comments