Kamis, 09 Juli 2015

Modal Awal dan Tips Belajar Router MikroTik

Penulis Artikel : Ahmad Lukman Hakim
 
Saya akan sharing sedikit tentang modal utama bisa router MikroTik. Banyak sekali tutorial-tutorial di blog orang lain yang mungkin membahas tentang modal utama seseorang bisa menguasai router MikroTik. Tetapi tujuan saya menulis artikel ini adalah: 1). Untuk update artikel di blog 2). Untuk berbagi ilmu kepada pembaca yang mungkin penasaran bagaimana cara supaya mahir mengoperasikan router MikroTik 3). Sebagai bahan dokumentasi diri saya sendiri, mungkin suatu saat ada orang bertanya, atau bahkan teman sediri bertanya: 
"Hey kawan... saya mau belajar router MikroTik nih... Apa yang harus aku persiapkan ya, atau modal/ilmu awal yang harus saya kuasai?"
Disitulah, saya akan memberikan jawabanya lewat artikel ini. :D

Begitulah tujuan saya menulis artikel tentang "Modal Awal Belajar Router MikroTik", sekarang saya akan menjelaskan langkah demi langkah yang harus anda kuasai.
Belajar itu harus sabar ya? Walaupun sedikit demi sedikit, yang penting rajin. Nanti akan tahu sendiri, "Yang Penting RAJIN membaca, mencoba, bertanya jika tidak tahu kepada teman atau guru yang lebih mengerti.
Oke! Sekarang saya akan memberikan langkah-langkah secara umum bagaimana caranya supaya kita bisa mahir menggunakan MikroTik.

1. Menguasai Dasar Jaringan
Minimal anda sudah pernah membuat jaringan LAN biasa untuk sharing file, printer, dsb. Anda juga harus mengerti apa itu IP Address (prefix "/", subnetmask, netID, hostID, broadcast, dsb.)

2. Aplikasi Internet
Aplikasi internet disini maksudnya anda mengerti bagaimana menggunakan aplikasi Browser biasanya, seperti: Mozilla Firefox, Google Chrome, IE. Anda mengerti bagaimana menghapus cache, setting Proxy Manual, dll. Untuk aplikasi Download Manager juga membantu anda untuk pengujian konfigurasi Router MikroTik.

3. Pengujian Jaringan
Pengujian jaringan disini masksudnya bisa menggunakan perintah "ping" pada Command Prompt.

4. TCP/IP Fundamental
Inilah tahap yang mungkin sulit daripada tahap sebelumnya. Di tahap TCP/IP Fundamental ini anda paling tidak mengerti Port yang sering digunakan dalam dunia jaringan. Anda juga harus mengerti protokol-protokol yang biasa digunakan dalam jaringan, seperti: ICMP,TCP, dan UDP. Jika anda paham tentang 7 OSI Layer maka anda akan mengerti alur paket data yang dikirim dari Physical Layer sampai bisa dilihat oleh  and user (konsumen).
Belajar OSI Layer : http://luxsmart.blogspot.com/2015/07/pengertian-dan-penjelasan-7-jenis-osi.html

5. Simulasi Menggunakan Aplikasi Simulator
Setelah ke-empat tahap sudah dikuasai. Anda harus mempraktikan melalui aplikasi simulator. Misalnya: GNS3, Cisco Packet Tracer, dll.

Terakhir, hanya perlu mencoba dan terus mencoba, bertanya, sharing dan mengembangkan dengan teman satu tujuan, guru IT, dan orang yang lebih menguasai tentang alat tersebut.

Untuk melanjutkan supaya MikroTik Expert anda bisa belajar serta Sertifikasi MikroTik ditempat Training MikroTik. Anda juga bisa belajar dan sertifikasi kepada Trainer yang sudah mempunyai title Academy Trainer MikroTik. "Tidak menutup kemungkinan anda akan menjadi Academy Trainer atau bahkan bisa jadi Trainer".
Status: MTCNA

Sumber : Buku MikroTik Kung Fu : Kitab I
Load disqus comments

0 komentar

Comments
0 Comments