Selasa, 06 Oktober 2015

3 Fungsi Switch di Layer 2 Data Link


switch

Teori lagi-teori lagi, begitulah kalau ingin menjadi pribadi Networker, teori itu penting untuk landasan semuanya. Ketika orang bertanya, apakah anda tidak membutuhkan teori? Pasti, anda akan membutuhkanya untuk menjawab pertanyaan tersebut. Blog saya ini saya jadikan sebagai catatan sekaligus share kepada anda. Semoga membantu anda yang masih belajar atau anda yang sudah master.

3 Fungsi Switch di Layer 2 Data Link

1. Address Learning (Mengetahui Alamat) maksudnya (Layer 2 Switch dan Bridge) mengingat sumber hardware address dari setiap frame (dari komputer host) yang telah diterima pada sebuah interface switch kemudian memasukkan informasi ini kedalam database MAC didalam Switch.

2. Forward/Filter Decisions (meneruskan/memutuskan penyaringan) maksudnya ketika sebuah frame (dari komputer host) yang telah diterima pada sebuah interface switch, Switch melihat destination (tujuan) hardware address dan menemukan interface keluaran yang berada didalam database MAC setelah itu tibalah proses Forward (meneruskan) atau Filter Decisions (Memutuskan penyaringan "karena sudah mengetahui dst-hardware address). Jika dst-hardware address tidak terdaftar di database MAC, maka frame dibroadcast ke semua perangkat yang aktif (kecuali jika ada interface penerima frame itu hidup). Jika perangkat menjawab pem-broadcast-an, database MAC akan ter-updated dengan perangkat baru yang hidup.

3. Loop Avoidance (penghidaran loop) maksudnya jika ada banyak koneksi antar switch yang telah dibuat (redundancy), jaringan akan loop (memutar) atau bahasa yang biasanya kita gunakan "nge-loop". Spanning-Tree Protocol (STP) digunakan untuk menghentikan jaringan nge-loop dan mengizinkan redundancy. Jadi protokol STP lah  yang mengatasi jika terjadi Loop.

Gambar Switch Working:
switch working



Load disqus comments

0 komentar

Comments
0 Comments